17 April 2024

Gender Itu Apa Sih?

Dalam masyarakat, kita suka membagi-bagi peran berdasarkan jenis kelamin. Misalnya, laki-laki punya tuntutan untuk selalu kuat dan tangguh, sedangkan perempuan seperti harus selalu lebih lembut dan peduli. Tapi, sekarang pemahaman tentang gender udah berkembang, dan kita sadar bahwa nggak semua orang sesuai dengan stereotip ini.
0Shares

Hayo, Sobat SuPer! Kita bakal bahas topik seru nih, yaitu gender!

Mungkin kamu udah sering denger istilah ini, tapi apa sih sebenernya artinya? Jadi, gender itu nggak sama dengan jenis kelamin biologis kita, lho. Gender ini lebih ke bagian dari identitas kita yang nyangkut sama perasaan dan peran yang kita rasain.

Bukan Stereotip

Dalam masyarakat, kita suka membagi-bagi peran berdasarkan jenis kelamin. Misalnya, laki-laki punya tuntutan untuk selalu kuat dan tangguh, sedangkan perempuan seperti harus selalu lebih lembut dan peduli. Tapi, sekarang pemahaman tentang gender udah berkembang, dan kita sadar bahwa nggak semua orang sesuai dengan stereotip ini.

Ada orang yang merasa cocok dengan jenis kelamin mereka saat lahir. Mereka ini biasanya disebut “cisgender”. Tapi, ada juga yang merasa identitas gender mereka nggak cocok sama jenis kelamin biologis mereka. Mereka ini disebut “transgender”. Misalnya, ada yang lahir sebagai laki-laki tapi merasa sebagai perempuan.

Baca juga: Substansi Perjuangan RUU PPRT – SULUH PEREMPUAN

Selain cisgender dan transgender, ada juga orang yang nggak merasa sepenuhnya laki-laki atau perempuan. Ada yang merasa sebagai kombinasi keduanya, atau mungkin jauh beda dari laki-laki atau perempuan. Mereka ini sering disebut “non-biner” atau “genderqueer”. Intinya, mereka punya identitas gender yang unik.

Pokoknya, penting banget kita inget bahwa setiap orang punya hak buat nentuin identitas mereka sendiri. Identitas gender itu hak pribadi yang harus kita hormati. Nggak ada yang namanya “cara yang bener” atau “cara yang salah” dalam menjadi laki-laki, perempuan, atau apapun identitas gendernya.

Memahami Untuk Menghargai

Nah, yang paling keren adalah kita dengerin dan belajar dari pengalaman orang lain. Dengan saling menghormati dan memahami perbedaan, kita bisa bikin masyarakat yang lebih keren dan nyaman buat semua orang, apa pun identitas gender mereka. Jadi, mari kita dukung dan jadi bagian dari gerakan inklusi ini!

Gender isinya bukan cuma laki-laki atau perempuan, tapi masih ada banyak varian lainnya. Jadi, mari kita jadi anak muda yang paham, terbuka pikirannya, dan menghargai setiap orang, ya! Semoga artikel ini bisa ngebantu kalian ngertiin gender dengan bahasa yang lebih kalian-miliki!

Baca juga: Anak Muda AS Mengamati Pemilu Kuba dan Belajar Tentang Demokrasi Seutuhnya – SULUH PEREMPUAN

*)MJ

0Shares
×

Salam Sejahtera

× Hai