17 April 2024

Hatta Bapak Koperasi Indonesia

Hatta sangat sadar akan pentingnya peran ekonomi dalam pembangunan nasional dan keadilan sosial. Ia memandang koperasi sebagai model ekonomi yang dapat memberdayakan masyarakat, terutama golongan ekonomi lemah, dan mengurangi kesenjangan ekonomi yang ada.
0Shares

Mohammad Hatta, atau yang lebih dikenal sebagai Bung Hatta, adalah salah satu tokoh penting dalam sejarah Indonesia dan juga diakui sebagai “Bapak Koperasi” di Indonesia. Beliau adalah Wakil Presiden pertama Indonesia yang menjabat bersama Soekarno pada periode 1945-1956.

Hatta merupakan seorang negarawan, ekonom, dan politisi yang memainkan peran sentral dalam perjuangan kemerdekaan Indonesia dan pembangunan nasional pasca-kemerdekaan.

Instrumen Kesejahteraan Rakyat

Bung Hatta memiliki peran aktif dalam mendorong pembentukan dan pengembangan koperasi di Indonesia. Ia menyadari pentingnya koperasi sebagai instrumen ekonomi yang dapat meningkatkan kesejahteraan rakyat. Salah satu upaya terkenal yang dilakukan oleh Bung Hatta adalah peluncuran “Gerakan Koperasi Nasional” pada tahun 1950.

Melalui Gerakan Koperasi Nasional, Bung Hatta berusaha memperluas jangkauan koperasi di seluruh Indonesia dan meningkatkan peran serta anggota dalam pengelolaan dan pengembangan koperasi. Ia juga mempromosikan prinsip-prinsip koperasi, seperti partisipasi demokratis, keadilan, dan kemandirian ekonomi.

Hatta sangat sadar akan pentingnya peran ekonomi dalam pembangunan nasional dan keadilan sosial. Ia memandang koperasi sebagai model ekonomi yang dapat memberdayakan masyarakat, terutama golongan ekonomi lemah, dan mengurangi kesenjangan ekonomi yang ada. Hatta menyadari bahwa koperasi dapat menjadi alat untuk mengorganisir dan membantu masyarakat dalam meningkatkan ekonomi mereka sendiri.

Asas Ekonomi Negara

Bung Hatta percaya bahwa koperasi dapat menjadi alat yang efektif untuk mengatasi masalah kemiskinan, pengangguran, dan ketimpangan ekonomi. Ia mendukung pembentukan koperasi di berbagai sektor, termasuk pertanian, perikanan, industri, dan perdagangan.

Selain itu, Bung Hatta juga turut berperan dalam penyusunan Undang-Undang Dasar 1945, yang mencantumkan koperasi sebagai salah satu asas ekonomi negara. Hal ini menegaskan pentingnya koperasi dalam sistem ekonomi Indonesia.

Sebagai “Bapak Koperasi” di Indonesia, Bung Hatta memberikan sumbangan besar dalam memajukan koperasi sebagai instrumen ekonomi yang berdaya saing dan berkelanjutan. Pemikirannya dan upayanya dalam mengembangkan koperasi masih dihargai dan dikenang hingga saat ini.

Baca juga: Sultanah Ternate Rainha Boki Raja – SULUH PEREMPUAN

Selama masa jabatannya sebagai Wakil Presiden Indonesia pada periode 1945-1956, Hatta memperjuangkan kebijakan dan langkah-langkah untuk mengembangkan koperasi di Indonesia. Ia mendorong pendirian dan pengorganisasian koperasi di berbagai sektor ekonomi, seperti pertanian, perikanan, industri, konsumen, dan jasa. Hatta melihat koperasi sebagai sarana untuk mendorong partisipasi masyarakat dalam pembangunan ekonomi, mengurangi ketergantungan terhadap sektor swasta, dan meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat.

Undang-Undang Koperasi

Hatta juga memperjuangkan legislasi dan kebijakan yang mendukung perkembangan koperasi. Pada tahun 1952, pemerintah Indonesia menerbitkan Undang-Undang Nomor 17 tahun 1952 tentang Koperasi, yang memberikan dasar hukum bagi keberadaan dan operasional koperasi di Indonesia. Undang-undang ini memberikan perlindungan hukum dan mengatur prinsip-prinsip dasar koperasi, seperti keanggotaan sukarela, manajemen demokratis, dan keuntungan yang diperoleh berdasarkan penggunaan dan kontribusi anggota.

Peninggalan Hatta dalam mempromosikan koperasi masih terasa hingga saat ini. Koperasi di Indonesia terus berkembang dan memberikan kontribusi signifikan dalam pemberdayaan ekonomi masyarakat. Pemerintah Indonesia juga terus mendukung pengembangan koperasi melalui kebijakan, pelatihan, dan program-program pemberdayaan ekonomi.

Baca juga: Belajar dari Gerakan Blue Georgia – SULUH PEREMPUAN

Sebagai Bapak Koperasi Indonesia, Hatta dihormati karena pemahamannya yang mendalam tentang peran koperasi dalam membangun ekonomi yang inklusif dan adil. Pemikiran dan kontribusinya terhadap pengembangan koperasi telah menjadi inspirasi bagi gerakan koperasi di Indonesia dan diakui secara luas sebagai tokoh yang berjasa dalam memajukan koperasi sebagai instrumen pemberdayaan ekonomi masyarakat.

Milla Joesoef

0Shares
×

Salam Sejahtera

× Hai