17 April 2024

Reborn Rich: Review Film

Adegan berganti dan Hyun mendapati dirinya terbangun dalam sebuah mobil bersama orang-orang yang ia kenal sebagai pimpinan perusahaan. Hyun masih hidup tapi dalam tubuh seseorang. Seorang anak bernama Jin Do Joon, cucu terakhir pendiri Soonyang. Hyun bereinkarnasi. Ia menjadi linglung dan kebingungan.
0Shares

Terlahir Kembali dan Menjadi Kaya

Terlahir kembali bisa jadi merupakan impian sebagian orang. Membayangkan jika terlahir kembali apa-apa saja yang ingin dilakukan, hal-hal yang ingin dirubah, atau mungkin mewujudkan impian yang belum tercapai.

Bagaimana rasanya jika terlahir kembali menjadi seseorang atau sosok yang berbeda? Bagaimana jika terlahir kembali menjadi Song Joong-ki? Song Joong-ki, aktor berwajah imut yang kita kenal lewat permainannya dalam film dan drama.

Diantaranya adalah Sungkyunkwan Scandal (2010), The Innocent Man (2012), Descendants of the Sun (2016), Vincenzo (2021). Belum lama ini Song Joong-ki mengumumkan pernikahannya dengan  Katy Louise Saunders dan tengah menantikan kelahiran anak pertama mereka. Selamat ya.

Kali ini kita bisa melihat penampilan terbaru Song Joong-ki dalam Reborn Rich atau The Youngest Son of a Conglomerate. Sebuah seri televisi Korea Selatan tahun 2022 yang dibintangi oleh Song Joong-ki, Lee Sung-min, dan Shin Hyun-been.

Seri ini telah ditayangkan di JTBC tanggal 18 November 2022 lalu. Kita juga dapat menikmati dengan platform VIU. Diadaptasi dari web novel karya San Gyung dengan judul Youngest Son of a Conglomerate.

Terdiri dari 16 episode dan digarap oleh sutradara kawakan Korea, Jeong Dae Yun, namanya sudah dikenal diantaranya lewat She Was Pretty (2015), W: Two World Apart (2016) dan I’m Not a Robot (2017).

Kisah Awal

Reborn Rich menceritakan  tentang seorang bernama Yoon Hyun-woo (Song Joong Ki) yang meniti karir di perusahaan keluarga konglomerat, Sooyang Group.

Diperkenalkan sebagai Manajer senior Dertemen Manajemen Aset Masa Depan, sosok Hyun-woo digambarkan sebagai pekerja yang disiplin, rapi, patuh dan setia.

Hyun menerapkan disiplin kepatuhan yang absolut pada atasan hingga mampu bertahan bekerja selama bertahun-tahun dan meraih posisi sebagai manajer senior.

Hyun bekerja dengan cekatan dan tanpa banyak sikapnya tidak selalu disukai oleh staf pekerja lain.

Bahkan rekan-rekan kerjanya cenderung meremehkan karena Hyun direkrut secara pribadi oleh atasannya dan secara akademik dianggap rendah karena lulusan sekolah menengah.

Hyun tidak mempedulikan gosip yang beredar mengenai dirinya dan hanya fokus pada pekerjaan dan perintah atasan. Metode kerja ini yang ia ajarkan pada staf baru di departemennya.

Ketegangan

Hingga pada suatu hari, untuk menghindari pemeriksaan kejaksaaan, Hyun Woo mengikuti perintah atasan untuk ‘membersihkan’ ruang dan alat kerja kantor.

Staf baru dibawah Hyun melaporkan sebuah dokumen yang tidak terdapat dalam file manapun. Hyun menyadari bahwa berkas dokumen tersebut merupakan dokumen rahasia mengenai perusahaan cangkang di luar negri.

Perusahaan ini menjadi tempat dilarikannya sejumlah besar uang perusahaan. Hyun kemudian melaporkan berkas dokumen tersebut pada atasannya

Berkat kepatuhan dan kesetiaannya, Hyun langsung diberi mandat sebagai manajer keuangan. Tugas pertamanya adalah menarik dana yang berada dalam perusahaan cangkang tersebut  Hyun pergi seorang diri dan mengalihkan dana tersebut ke dalam rekening atas namanya.

Tanpa ia sadari, kepergiannya diikuti oleh sebuah komplotan yang kemudian baru ia ketahui adalah komplotan tersebut berada dibawah perintah Shin. Nasib Hyun berakhir disini. Shin memerintahkan anak buahnya untuk membunuh Hyun.

Hyun Menjadi Jin Do Joon

Adegan berganti dan Hyun mendapati dirinya terbangun dalam sebuah mobil bersama orang-orang yang ia kenal sebagai pimpinan perusahaan. Hyun masih hidup tapi dalam tubuh seseorang. Seorang anak bernama Jin Do Joon, cucu terakhir pendiri Soonyang. Hyun bereinkarnasi. Ia menjadi linglung dan kebingungan.

Setelah mampu beradaptasi, Hyun mulai menikmati kehidupannya sebagai Do Joon, cucu konglomerat kaya. Kemampuannya mengingat kehidupan sebelumnya yang maju beberapa tahun dari saat ini, banyak membantunya dalam menjalankan kehidupan sebagai sosok seorang anak, cucu konglomerat.

Drama ini berkisah tentang sisi kehidupan sebuah keluarga konglomerat. Saling sikut, permainan saham, investasi dan trik menghindari hukum. Keluarga dimana seseorang dinilai berdasarkan saham yang dimilikinya.

Reinkarnasi (dari bahasa Latin yang berarti “lahir kembali” atau “kelahiran semula”, atau titisan) adalah suatu kepercayaan bahwa seseorang akan mati dan dilahirkan kembali dalam bentuk kehidupan lain.

Yang dilahirkan itu bukanlah wujud fisik sebagaimana keberadaan kita saat ini. Yang lahir kembali itu adalah jiwa orang tersebut yang kemudian mengambil wujud tertentu sesuai dengan hasil pebuatannya terdahulu.

Terdapat dua aliran utama. Pertama, mereka yang mempercayai bahwa manusia akan terus-menerus lahir kembali. Kedua, mereka yang mempercayai bahwa manusia akan berhenti lahir semula pada suatu ketika apabila mereka melakukan kebaikan yang mencukupi atau apabila mendapat kesadaran agung (nirwana) atau menyatu dengan Tuhan (moksa).

Sebagian orang percaya bahwa reinkarnasi benar-benar ada, sebagian lainnya tidak. Dua orang ilmuwan pernah mencoba melakukan penelitian dan membuktikan bahwa reinkarnasi benar-benar ada. Subyek penelitiannya memberikan cerita yang ketika dikonfirmasi dan ditelusuri memang pernah ada.

Epilog

Dari sini kemudian ada beberapa tanda untuk mengenali apakah kita mengalami reinkarnasi atau tidak. Percaya atau tidak merupakan pilihan masing-masing. Namun kemudian yang lebih penting adalah bagaimana menjalani kehidupan.

Menetap pada kehidupan yang dijalani sebelumnya atau menjalankan kehidupan sebagai sosok yang sekarang. Do Joon memilih untuk menjalani keduanya, dalam alam pikiran sebagai Hyun Woo dan secara fisik sebagai Do Joon.

Ia mempergunakan pengetahuan dan pengalaman Hyun Woo untuk membantunya menjalani kehidupan sebagai Do Joon. Terbukti hal ini sangat berguna. Ia dapat memberikan jawaban bagi pertanyaan yang dilontarkan kakeknya dan memilih hadiah yang tepat karena telah tahu bagaimana perubahan yang akan terjadi kelak.

Pengetahuan ini juga membantunya dalam menjalankan bisnis investasi dan memahami anggota keluarga yang sebelumnya ia kenal sebagai para pimpinannya.

Sayangnya Do Joon tetap pada karakter sebelumnya yang tidak segera menyadari kelicikan dan bahaya yang membayangi kehidupannya. Sekali lagi Do Joon atau Hyun Woo memgalami pembunuhan. Pada percobaan pertama gagal namun percobaan kedua berhasil. Hyun Woo atau Do Joon kembali mengalami kematian.

Hyun Woo tidak melulu berfokus pada pembalasan dendam. Ia lebih memusatkan perhatian untuk bisa memperbaiki keadaan di kehidupan sebelumnya.

Seperti mencegah kematian ibunya yang mengalami shock karena tertipu iming-iming kepemilikan saham secara massal. Hyun mendapati bahwa perusahaan tersebut adalah Sooyang, dimana ia kini menjalani kehidupan sebagai salah satu cucu pendirinya.

Hyun Woo berusaha merubah keadaan yang pernah disesalinya di kehidupan lalu. Namun, ada beberapa hal yang memang tidak dapat dirubah.

Ibunya tetap meninggal tanpa bisa menikmati perubahan yang telah diupayakan oleh Hyun Woo melalui Do Joon. Penyesalan dan kesedihan menerpa Hyun Woo, dibayangi kerinduan pada sosok ibunya yang bekerja keras untuk membiayai hidup Hyun Woo dan adiknya.

Kehidupan entah kita akan mengalami reinkarnasi atau tidak, sebaik-baiknya adalah menjalani kehidupan saat ini dengan sebaik-baiknya. Kita tidak mungkin luput dari kesalahan atau kekeliruan. Roda kehidupan berjalan naik dan turun.

Ada saat kita berada dalam situasi buruk bahkan sangat terpuruk. Mengalami kedukaan, pengkhianatan, kehilangan dan lain sebagainya. Namun ada hari-hari dimana kita gembira, bahagia, tertawa bahkan berkelimpahan.

Kita tidak selalu bisa menebak secara persis apa yang akan terjadi di keesokan hari atau di tahun-tahun yang akan datang.

Kehidupan mungkin saja memberi kita lebih baik atau lebih buruk. Pada saat terpuruk, mungkin sulit bagi kita untuk sekedar tersenyum dan percaya bahwa awan gelap akan bergerak pergi, hari-hari suram dapat berlalu.

Tapi jika kita menggenggam keyakinan, seburuk apapun kondisi dan situasi kita, bahwa ada pribadi yang melebihi kekuatan manusia dan segala mahluk, yang berkuasa penuh atas kehidupan alam semesta. Bahwa di atas langit masih ada langit. Bahwa setiap masa ada waktunya.

Mungkin itu salah satu hal yang bisa kita petik dari drama Reborn Rich. Selain keasikan menatap wajah manis Joong-ki, ternyata sebuah portal komunitas Korea Selatan, DC Inside belum mengadakan survei tentang drama paling berkesan dengan akhir yang terburuk.

Jajak pendapat digelar secara online selama 7 hari, mulai 2 hingga 8 Januari 2023. Berdasarkan hasil survei, Reborn Rich berada di posisi pertama dan terpilih sebagai drama Korea dengan akhir terburuk.

Ini hasil yang mengejutkan, tapi seandainya boleh mengirim pesan pada Joong-ki, “Tolong, jangan pasang mimik polos dan imut….” Membuat hati meleleh. Punya kesan yang sama?

Ernawati

0Shares
×

Salam Sejahtera

× Hai