19 Juni 2024

Upaya Membalut Luka

0Shares

Jakarta – Sampul bergambarkan punggung seorang perempuan di taman dengan risleting di punggungnya. Mungkin cukup merepresentasi proses menuju pulih dari luka perempuan. Buku berjudul “Upaya Membalut Luka” ini sudah menyentuh kalbu bahkan sebelum pembacaan bermula.

Buku hasil publikasi YLBH APIK Jakarta ini memperoleh dukungan dari Rutgers Indonesia melalui program Generation Gender. Penulisnya adalah Aya Canina yang menuliskan pengalaman Tri Widiati, Vily Easter dan Feri Supriatna selaku paralegal APIK.

Buku ini menghadirkan ilustrasi yang menari dan berpadu serasi bersama dengan cerita yang dikisahkan. Ilustrator dari buku ini adalah Fernanda Brelin Tiara. Tidak lupa juga ia yang di balik layar membantu dalam proses layout dan design, Raka Dimas Maulana.

Kesemua isinya sangat bagus, dan ada satu yang menyita perhatian admin. Di halaman 20 mengangkat judul “Lapor Polisi, Tapi Apa Yang Terjadi”. Banyaknya tantangan yang hadir di hadapan para paralegal, para advokasi di tengah mencuatnya pelaporan. Meski pelaporan sendiri masihlah hanya puncak dari gunung es yang belum seberapa terlapor ketimbang kasus yang tidak terlapor di lapangan. Belum lagi kendala dari APH yang masih ada saja yang belum memiliki perspektif gender.

Hormat setinggi-tingginya bagi sahabat paralegal semua yang tiada jemu pantang menyerah memperjuangkan keadilan bagi korban.

*)MJ

0Shares
×

Salam Sejahtera

× Hai