4 Desember 2022

Pendidikan Koperasi API-Kartini Kupang

0Shares

IMG_20160430_132638

Dalam rangka memperingati Hari Kartini, Dewan Pimpinan Kota Aksi Perempuan Indonesia-Kartini (DPK API-Kartini) Kupang menggelar workshop dengan tema “Membangun Ekonomi Mandiri untuk Perempuan” pada hari kamis, 28 April 2016 bertempat di Diklat Dinas Sosial Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Yesti Kandida Odot selaku ketua panitia kegiatan menjelaskan, “Sangatlah penting bagi perempuan untuk mandiri secara ekonomi. Diharapkan dengan adanya kegiatan seperti ini dapat memotivasi kaum perempuan khususnya untuk menciptakan ekonomi mandiri dengan cara-cara kreatif demi kesejahteraan perempuan.”

Kegiatan dibuka oleh Kepala Bidang IV Dinas Sosial Provinsi NTT Linus Lusi Making dan dihadiri oleh 54 utusan dari berbagai organisasi di Kota Kupang yang keseluruhannya adalah perempuan.

Workshop yang dimoderatori oleh Erni Antonia Sine ini berlangsung kurang lebih 4 jam dan diikuti sangat antusias oleh peserta. Linus Lusi Making saat memaparkan materi mengatakan, “Di zaman seperti ini sagatlah perlu membangun yang namanya ekonomi mandiri agar tidak tergilas dari peradaban.”

“Kita perlu membaca berbagai peluang yang ada sehingga kita dapat membangun ekonomi kreatif sehingga dapat mewujudkan yang namanya kemandirian ekonomi, ” tandas Pdt. Mathan Niubaby salah satu praktisi ekonomi kreatif yang melibatkan lebih banyak kaum perempuan ini.

Sementara, Ketua API-Kartini Kupang, saat memberikan materi mengatakan, “Salah satu cara membangun ekonomi mandiri terutama bagi kaum perempuan adalah melalui koperasi. Ada begitu banyak nilai yang terkandung di dalamnya baik itu gotong-royong, toleransi, tanggung jawab dan juga hal positif lainnya. Koperasi tidak hanya menguntungkan satu pihak tetapi semua anggota yang ada di dalamnya.

Di penghujung acara dilanjutkan dengan diskusi tentang rencana para peserta untuk membuat usaha mandiri bagi perempuan.

IMG_20160430_132705

0Shares
×

Salam Sejahtera

× Hai