2 Desember 2022

Dukungan Terus Mengalir, Suluh Perempuan Malut Kecam Tindak Pelecehan Seksual Salah Satu Pimpinan OKP

0Shares

Dewan Pimpinan Wilayah SULUH PEREMPUAN Maluku Utara mengecam tindakan Pelecehan Seksual oleh terduga pelaku MS, salah satu pimpinan Organisasi Kemasyarakatan dan Pemuda (OKP) di Halmahera Utara.

“Kasus pelecehan seksual oleh terduga pelaku MS, kepada salah satu korban perempuan, (kami memilih tidak menyebut nama korban, untuk menghormati privasi korban) tindakan MS adalah tindakan yang sungguh bejat dan tidak berprikemanusiaan,” kata Yunita Djengel, Ketua DPW Suluh Perempuan Maluku Utara dalam pernyataan sikapnya pada 18 Februari 2022.

Menurut Nita, tindakan pelecehan ini dilakukan MS pada waktu subuh, saat korban sedang tidur, namun dengan segala keberanian korban berani melawan dan mengentikan tindakan ini.

“Kami Suluh Perempuan sedang melakukan aktivitas pendampingan pada korban, dan turut mendampinginya melaporkan ke Polres Halmahera Utara. Adapun, selain pendampingan hukum, korban akan diberikan pendampingan kesehatan, sesuai kebutuhan korban. Suluh Perempuan, mendukung korban secara penuh atas keberanian korban untuk bersuara, dan mengecam keras terduga pelaku atas kasus pelecehan ini,” lanjut Nita.

Pada kesempatan lain, Viske Talangamin DPK Suluh Perempuan Halmahera Utara menyampaikan,”Sudah cukup, korban berjatuhan dan tidak mendapatkan keadilan, justru pelaku dilindungi dan diglorifikasi atas jabatan, power dan sederet relasi kuasa yang dimiliki.”

Viske menegaskan bahwa dalam hal ini Suluh Perempuan telah meminta dukungan pemerintah daerah setempat untuk turut serta mengintervensi segera kasus kekerasan seksual yang dialami korban.

“Kami juga meminta seluruh masyarakat sipil, organisasi masyarakat, organisasi mahasiswa untuk turut mendukung korban kekerasan seksual saat ini agar mendapatkan keadilan hukum, dan agar pelaku diadili,” tegasnya.

Viske menambahkan, korban adalah perempuan, seperti anak perempuan kita, saudara perempuan kita, sahabat kita. Perempuan bukan objek kekerasan seksual, dan sudah seharusnya kasus kekerasan seksual, harus dihentikan.

Atas kasus yang menimpa korban pelecehan seksual ini, DPW SULUH Perempuan Maluku Utara dan DPK Suluh Perempuan Halmahera Utara menyatakan sikap sebagai berikut:

  1. Menuntut kasus ini diusut tuntas oleh Polres Halmahera Utara dan mengadili pelaku
  2. Korban kekerasan seksual, harus didukung dan diberi ruang aman serta pemulihan atas kejadian yang dialami. Apapun kondisi, korban kekerasan seksual tidak boleh disalahkan tetapi sebaliknya harus didukung untuk tetap bangkit dan berdaya.
  3. Menuntut Pemda Halmahera Utara untuk segera mengintervensi kasus-kasus serupa dengan memberi “Rumah Aman” bagi Korban
  4. Meminta seluruh wartawan, untuk tidak membuka privasi korban ke publik, termasuk menuliskan kasus-kasus kekerasan seksual yang memicu trauma korban.
  5. Meminta dukungan masyarakat sipil, organisasi sebagai bentuk solidaritas bagi korban kekerasan seksual
  6. Menuntut KNPI Halut untuk memberikan sanksi tegas terhadap pelaku, termasuk menutup ruang bagi pelaku untuk tampil di depan publik.
  7. Meminta DPR-RI segera mengesakan RUU TPKS sebagai payung hukum bagi korban Kekerasan Seksual

Sampai saat ini, DPW Suluh Perempuan Maluku Utara terus mendampingi korban dan menggalang surat dukungan. Solidaritas dari organisasi, Individu maupun masyarakat yang mendukung korban kekerasan seksual, mendukung pihak berwajib untuk mengusut tuntas kasus pelecehan seksual, dan mengadili pelaku ini selanjutnya bisa disampaikan melalui WA 0852-9930-1271.

Adapun solidaritas dan dukungan yang telah masuk datang dari Suluh Perempuan, Se-Indonesia, GMPRI Maluku Utara, BKPRMI Halmahera utara, Kohati Komisariat tobelo cabang Ternate, Kohati komisariat syariah cabang ternate, Jaringan Nakes Indonesia, TAKY HALUT, GEMPUR HALUT, RORANO Maluku Utara, DPW Srikandi Pemuda Pancasila, KNPI Halmahera Utara, Perempuan AMAN HALUT, KOMPI_HU, GMKI Cabang Tobelo, GENPI HALUT, EK-LMND TOBELO, DEPARTEMEN PEREMPUAN LMND TOBELO, dJAMAN MALUT, Women’s march Ternate.

Indah Pratiwi

0Shares
×

Salam Sejahtera

× Hai