25 Februari 2024

Mengapa Perempuan Mengalami Menstruasi

0Shares

Dilansir dari healthline.com menuliskan, menstruasi adalah sebuah kondisi ketika terjadi pengeluaran darah dari vagina. Itu merupakan sesuatu yang normal. Di tiap bulannya bagi seseorang yang memiliki uterus dan ovarium.

Setiap bulannya, biasanya terjadi mulai dari masa pubertas antara usia 11 hingga 14 tahun. Tubuh perempuan saat itu sedang mempersiapkan dirinya untuk kehamilan. Lapisan rahim akan mengalami penebalan dan sel telur akan tumbuh dan dilepaskan dari salah satu indung telur.

Jika kemudian pembuahan atau kehamilan tidak terjadi maka level estrogen dan progesteron akan turun drastis dan memberi signal untuk terjadinya menstruasi.

Selama menstruasi, rahim melepaskan lapisannya yang berisi sel telur dan kemudian dikeluarkan,bersama dengan sejumlah darah, keluar dari tubuh melalui vagina. Jadi, tubuh perempuan setiap bulannya -terkecuali-jika-sudah-mengalami-menopause- mempersiapkan dirinya untuk pembuahan, untuk kehamilan. Maka jika pembuahan itu tidak terjadi maka lapisan uterus yang menebal akan melepaskan lapisannya itu dan itulah yang disebut menstruasi. Menopause sendiri terjadi biasanya pada usia 50 tahun ke atas.

***(MJ)


0Shares
×

Salam Sejahtera

× Hai