17 April 2024

Mengenal Gonorea

Menurut Centers for Disease Control and Prevention (2015), gonorea adalah penyakit menular seksual yang disebabkan oleh bakteri Neisseria gonorrhoeae yang dapat menginfeksi baik pria dan wanita yang mengakibatkan infeksi pada alat kelamin, rektum dan tenggorokan.
0Shares

Menurut Centers for Disease Control and Prevention (2015), gonorea adalah penyakit menular seksual yang disebabkan oleh bakteri Neisseria gonorrhoeae yang dapat menginfeksi baik pria dan wanita yang mengakibatkan infeksi pada alat kelamin, rektum dan tenggorokan.

Gonorea atau yang biasa dikenal sebagai “kencing nanah” merupakan infeksi bakteri yang ditularkan melalui hubungan seksual. Infeksi gonore merupakan salah satu jenis infeksi menular seksual (IMS) yang cukup sering terjadi.

Infeksi gonorea sering kali tidak menimbulkan gejala. Namun, jika gejalanya muncul, infeksi gonore dapat berdampak pada berbagai organ tubuh selain sistem reproduksi. Periode inkubasi, atau masa terpapar bakteri hingga muncul gejala, biasanya terjadi sekitar 10 hari.

Bagaimana jika gonorea dibiarkan?

Pengidap gonorea, sebaiknya harus segera meminta bantuan dokter untuk mengatasi penyakit tersebut. Pasalnya, bila dibiarkan berlarut-larut dapat menimbulkan berbagai komplikasi. Misalnya, pada pria komplikasi ini bisa menyebabkan berkurangnya kesuburan yang diakibatkan oleh infeksi testis dan kelenjar prostat.

Gejala Gonorea pada Wanita

Terasa nyeri dan muncul sensasi terbakar saat buang air kecil. Munculnya nanah atau cairan kental berwarna kuning atau hijau dari vagina. Terjadi perdarahan pada vagina walaupun bukan dalam masa menstruasi. Vagina terasa nyeri ketika sedang berhubungan seksual.

Gejala Gonorea pada Pria

Keluar cairan jernih, keruh atau nanah dari lubang kencing. Nyeri dan rasa panas saat buang air kecil. Merah dan bengkak pada ujung kemaluan.

Apa akibat jika gonorea tidak diobati?

Komplikasi gonorea ini bisa berdampak pada organ reproduksi. Sekitar 15 persen kasus gonore yang tak diobati akan menyebabkan penyakit radang panggul. Hati-hati, hal ini bisa memicu sakit tulang panggul jangka panjang, kemandulan, dan kehamilan ektopik atau di luar rahim.

Gonorea menular melalui apa saja?

Penyebab penyakit gonorrhea dapat melalui hubungan seksual yang tidak sehat. Hubungan seksual dengan pasangan yang berbeda tanpa menggunakan pengaman seperti kondom. Selain dengan melakukan hubungan seksual, cara penularan penyakit gonore juga dapat melalui persalinan, pada ibu yang terinfeksi gonore.

Pengobatan Gonorea

Untuk penanganan gonore ini bisa dilakukan oleh dokter umum dan dokter kulit kelamin dimana pengobatan akan dilakukan dengan pemberian antibiotik baik secara oral dan suntikan sesuai dosis yang diberikan dokter.

0Shares
×

Salam Sejahtera

× Hai