21 Februari 2024

Serena Williams: Pensiun atau Tidak?

0Shares

Serena Williams (lahir 26 September 1981, Saginaw, Michigan, AS) adalah seorang pemain tenis Amerika yang merevolusikan tenis segmen perempuan dengan gaya permainannya yang kuat dan memenangkan lebih banyak gelar tunggal Grand Slam (23) dibandingkan perempuan atau pria mana pun selama era terbuka.

Serena Williams bermain di AS 1999 Terbuka

Williams dibesarkan di Compton, California. Keluarganya tersebut termasuk diantaranya orang tuanya—Oracene Price, seorang perawat, dan Richard Williams, yang mendirikan layanan keamanan—dan Venus Williams, kakak perempuannya.

Price juga memiliki tiga anak perempuan dari pernikahan sebelumnya. Meskipun kedua orang tuanya mendorong Serena dan Venus Williams untuk bermain tenis, Richard Williams-lah yang sebagian besar mengajari mereka olahraga tersebut, membawa kedua gadis tersebut ke lapangan umum di daerah tersebut. Dia dikenal sebagai pelatih yang ketat, dan mereka menghabiskan waktu berjam-jam untuk berlatih.

Pada tahun 1991 keluarganya pindah ke Florida agar Serena dan Venus Williams dapat bersekolah di akademi tenis. Serena Williams menjadi profesional pada tahun 1995, satu tahun setelah kakak perempuannya. Memiliki servis dan pukulan ground yang kuat serta sifat atletis yang luar biasa, mereka segera menarik banyak perhatian.

Banyak yang meramalkan bahwa Venus akan menjadi saudara perempuan Williams pertama yang memenangkan gelar tunggal Grand Slam, namun Serena-lah yang mencapai prestasi tersebut, memenangkan gelar AS pada tahun 1999 Terbuka. Di turnamen itu, kakak beradik itu memenangkan nomor ganda, dan, sepanjang karier mereka, keduanya bekerja sama untuk meraih 14 gelar ganda Grand Slam.

Pada Olimpiade 2000 di Sydney, Australia, Serena dan Venus Williams meraih medali emas di nomor ganda. Setelah beberapa tahun bermain tidak konsisten, Serena Williams menegaskan dirinya pada tahun 2002 dan memenangkan Prancis Terbuka, Wimbledon, dan AS Terbuka. Dalam event terbuka pula, mengalahkan Venus Williams di final setiap turnamen. Di turnamen terakhir, Serena Williams juga menarik perhatian dengan mengenakan catsuit. Sudah lama tertarik pada fesyen, Williams menjadi terkenal karena pakaiannya yang berani yang menonjolkan kekuatannya dan menantang aturan berpakaian tradisional—dan biasanya konservatif—.

Menampilkan kegigihan khasnya, Williams memenangkan Australia Terbuka pada tahun 2003 dan dengan demikian menyelesaikan karir Grand Slam dengan memenangkan keempat turnamen komponen slam. Belakangan tahun itu dia juga menang di Wimbledon; kedua kemenangan Grand Slamnya pada tahun 2003 terjadi setelah dia mengalahkan saudara perempuannya di final. Pada tahun 2005 Williams memenangkan Australia Terbuka lagi.

Dilanda cedera pada tahun berikutnya, ia bangkit kembali pada tahun 2007 untuk memenangkan Australia Terbuka ketiganya. Serena dan Venus Williams memenangkan medali emas tenis ganda kedua mereka di Olimpiade 2008 di Beijing. Belakangan tahun itu Serena Williams memenangkan AS. Buka untuk ketiga kalinya. Pada tahun 2009 ia merebut gelar tunggal Grand Slam ke-10 dengan memenangkan Australia Terbuka.

Belakangan tahun itu dia memenangkan gelar tunggal Wimbledon ketiganya, sekali lagi mengalahkan saudara perempuannya. Williams mempertahankan gelarnya di Australia Terbuka dan Wimbledon pada tahun 2010. Dia kemudian berjuang melawan berbagai masalah kesehatan yang membuatnya absen selama hampir satu tahun.

Pada tahun 2012 Williams merebut gelar tunggal Wimbledon kelimanya. Sebulan kemudian di Olimpiade London, ia memenangkan medali emas di nomor tunggal, menjadi wanita kedua (di belakang Steffi Graf) yang memenangkan Golden Slam dalam kariernya. Dia juga bekerja sama dengan saudara perempuannya untuk memenangkan acara ganda. Belakangan tahun itu Williams merebut gelar tunggal Grand Slamnya yang ke-15 dengan kemenangan di AS Terbuka. Pada tahun 2013 ia memenangkan kejuaraan tunggal Prancis Terbuka keduanya dan AS kelima Terbuka gelar tunggal.

Williams berhasil mempertahankan ASnya. Kejuaraan terbuka pada tahun 2014, yang memberinya 18 gelar Grand Slam dalam karirnya, menyamainya Chris Evert dan Martina Navratilova untuk total tunggal putri tertinggi kedua di era terbuka. Tahun berikutnya dia merebut Australia Terbuka keenamnya. Williams kemudian memenangkan Prancis Terbuka 2015—kejuaraan tunggal Grand Slamnya yang ke-20. Dia melanjutkan rekor buruknya di Wimbledon, memenangkan final straight-set untuk merebut gelar tunggal Wimbledon keenam dalam karirnya. Williams kembali memenangkan Wimbledon pada tahun 2016, memberikannya 22 gelar tunggal Grand Slam dalam karirnya, yang mengikatnya dengan Graf untuk Slam terbanyak di era terbuka untuk wanita dan pria. Williams memecahkan rekor Graf di Australia Terbuka 2017, di mana ia mengalahkan saudara perempuannya di final.

Serena Williams dan putrinya, Alexis Olympia Ohanian, Jr.

Serena Williams berpose bersama putrinya, Alexis Olympia Ohanian, Jr., usai menjuarai ASB Classic 2020.
Pada bulan April 2017, Williams mengumumkan bahwa dia hamil (dia bertunangan dengan Alexis Ohanian, salah satu pendiri situs web Reddit, pada bulan Desember 2016) dan akan melewatkan sisa musim 2017.

Pada bulan September dia melahirkan seorang putri, dan dua bulan kemudian dia menikah dengan Ohanian. Williams kembali bermain tenis pada Maret 2018. Dia gagal memenangkan turnamen tahun itu, meskipun dia mencapai final di Wimbledon dan AS Terbuka. Kekalahan terakhir terbukti kontroversial karena Williams mendapat penalti setelah berdebat dengan wasit ketua atas pelanggaran kode. Pada tahun 2019 dia kembali dikalahkan di final Wimbledon dan Kejuaraan AS Terbuka. Pada ASB Classic 2020 di Auckland, Selandia Baru, Williams memenangkan acara tunggal pertamanya dalam waktu sekitar tiga tahun.

Williams mencapai semifinal Australia Terbuka 2021 tetapi kalah dari Naomi Osaka. Belakangan tahun itu dia terpaksa mundur dari Wimbledon dan AS. Terbuka karena cedera. Setelah absen pada paruh pertama musim 2022, Williams berkompetisi di Wimbledon namun dikalahkan di babak pertama. Dia kemudian diwawancarai untuk majalah Vogue dan mengungkapkan bahwa dia akan pensiun setelah Amerika Serikat mendatang. Membuka. Williams menyatakan bahwa dia “berevolusi dari tenis, menuju hal-hal lain yang penting bagi saya.

Serena Williams mengakui bahwa dia “bingung” apakah akan keluar dari masa pensiunnya

Setelah mengungkapkan bahwa dia telah kembali bermain raket. Petenis Amerika itu mengakhiri karirnya yang luar biasa pada September lalu setelah penampilan terakhirnya di AS Terbuka.

Dalam pernyataannya sebelum acara tahun lalu di Flushing Meadows, dia menyebutkan alasan keluarga sebagai motivasi di balik keputusannya. Williams berkata: “Saya tidak pernah menyukai kata pensiun
“Mungkin kata terbaik untuk menggambarkan apa yang saya lakukan adalah evolusi. Saya di sini untuk memberi tahu Anda bahwa saya berevolusi dari tenis, menuju hal-hal lain yang penting bagi saya.”

Bintang tenis terkena larangan seumur hidup setelah dinyatakan bersalah atas 135 tuduhan pengaturan pertandingan

Novak Djokovic meminta “izin khusus” untuk berkompetisi di AS di tengah persyaratan vaksin
Namun lima bulan kemudian, juara tunggal Grand Slam sebanyak 23 kali itu mengungkapkan bahwa ia berubah pikiran selama masa pensiunnya. Berbicara kepada E!, dia mengakui: “Saya pastinya merasa lebih damai sekarang. Ini menarik. Saya rasa saya merasa terkoyak karena saya masih bisa bermain di level yang sangat, sangat, sangat tinggi.”

Williams memang mengungkapkan bahwa dia perlahan tapi pasti menjauh dari arena tenis, namun masih memiliki keinginan untuk bermain di lapangan tenis. “Oleh karena itu, saya selalu ingin meninggalkan permainan dengan bermain di level yang sangat tinggi,” lanjutnya.

Serena Williams mengungkapkan dia telah mengambil raketnya lagi

“Saya juga ingin pergi ketika saya sehat dan memiliki kualitas hidup. Tapi saya sedikit demi sedikit menjauh, sedikit demi sedikit menerimanya. Saya bermain lebih awal ketika saya pertama kali pensiun karena sulit untuk melakukannya. kalkun dingin.

“Tetapi akhir-akhir ini, saya jarang bermain. Dan saya merindukannya. Saya seperti, ‘Ya ampun. Saya harus keluar dari sana’. Tapi sulit bagi saya untuk keluar dari sana. Saya memang bermain beberapa hari yang lalu. , dan itu seperti, ‘Tidak mungkin saya tidak bermain tenis profesional.’ Seperti, secara harfiah tidak ada alasan.

*)MJ

0Shares
×

Salam Sejahtera

× Hai