25 Februari 2024

Merebut Ruang Hidup

Feminists fighting for women's rights

0Shares

Editorial

Dimulai dari 15.000 perempuan yang melakukan demonstrasi di New York, Amerika Serikat pada tahun 1908 untuk menyuarakan hak mereka tentang peningkatan standar upah dan protes atas pemangkasan jam kerja.

Sejarah bangsa-bangsa di dunia kemudian hiruk pikuk oleh perjuangan para perempuan untuk merebut ruang hidup. Sederet nama perempuan dengan berbagai latar belakang menghiasi sejarah tiap bangsa. Baik pada masa perang maupun masa damai.

Hari Perempuan Internasional tidak terlepas dari perjuangan untuk merebut ruang hidup. Perjuangan pada masa kolonialisme adalah perjuangan untuk memiliki ruang hidup yang bebas dari penindasan bangsa lain.

Dan di masa kini, perjuangan merebut ruang hidup adalah perjuangan untuk memiliki ruang dan waktu di segala sektor. Bagaimana kesetaraan gender terimplementasi dalam berbagai suara dan kebijakan.

RUU PRT

Saat ini teman-teman PRT sedang berjuang agar RUU PPRT dapat segera mendapati pengesahan. Pengakuan dan perlindungan bagi teman-teman PRT merupakan perjuangan merebut ruang hidup.

Dukungan dari berbagai elemen akan turut menggemakan perjuangan ini. Mayoritas PRT adalah perempuan. Dengan berbagai latar belakang yang membuat teman-teman ini memilih pekerjaan sebagai PRT.

Posisi kelas dan budaya membuat pekerjaan ini dipandang remeh dan tidak mendapat tempat sebagai pekerja dalam UU ketenagakerjaan.

Ruang Hidup Petani

Tidak lupa juga, ada teman-teman di Wadas, Purworejo yang sedang berlawan menolak tambang batu andesit untuk Proyek Bendungan Bener. Lantas Jambi.

Puluhan petani Betung, Petanang dan desa Pematang Raman berjuang menuntut hak atas tanah yang terampas oleh PT. Ricky Kurniawan Kertapersada. Para petani Jambi ini menggelar aksi jalan kaki ke Istana Negara.

Berangkat dari Jambi pada Sabtu sore, 21 Januari 2023 dengan menaiki angkutan umum menuju Pelabuhan Merak. Kemudian berlanjut dengan berjalan kaki menuju Jakarta.

Sejarah panjang perjuangan warga Pakel dalam menuntut hak atas tanahnya. Pakel, sebuah desa yang terletak di Kecamatan Licin, Kabupaten Banyuwangi. Di desa ini terdapat area yang ditanami tanaman monokultur oleh PT Bumi Sari.

Pada lahan yang telah dikelola warga sejak berpuluh-puluh tahun yang lalu. Disana juga terdapat hutan produksi yang sangat luas, namun penguasaannya tercekal oleh dominasi Perhutani.

Kerusakan Alam

Dan masih banyak lagi, tempat-tempat lain yang sedang berjuang merebut ruang hidup. Gerakan ekofeminisme telah mengingatkan kita akan bahaya pengrusakan alam.

Ruang hidup juga melingkupi alam dan seluruh mahluk yang ada di dalam ekosistemnya, termasuk manusia. Hidup dan penghidupan saling terkait di dalamnya.

Dari Sudut Politik

Bagaimana dengan teman-teman perempuan yang berjuang di jalur politik praktis? Agenda 2024 sudah tampak memulai titik start mereka masing-masing.

Jalur politik praktis melalui partai politik dan meraih kursi di DPR menjadi salah satu bagian dalam upaya memperjuangkan kesetaraan gender dan memasukkan perspektif gender dalam berbagai kebijakan.

Ekonomi dan politik tidak dapat kita lihat secara sendiri-sendiri. Dan demonstrasi yang telah kita saksikan kepeloporannya dari para pejuang perempuan pada dua abad sebelum ini adalah bagian dari merebut ruang hidup dalam ekonomi dan politik.

Suluh Perempuan akan terus menjadi bagian dari perjuangan merebut ruang hidup melalui jalur pendidikan, sosial, budaya, ekonomi dan politik.

Peringatan hari perempuan internasional ini akan menempatkan kita sebagai bagian dari semua pihak yang berjuang untuk merebut ruang hidup.

0Shares
×

Salam Sejahtera

× Hai